Ubaya Kerjasama Dengan Rumah Sakit Hermina Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Universitas Surabaya (Ubaya) akan membangun rumah sakit tipe B pendidikan di kota Surabaya. Untuk membangun rumah sakit tersebut, Ubaya akan menggandeng rumah sakit swasta bertaraf nasional yaitu Rumah Sakit Hermina.

Kerjasama ini resmi kan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama atau MoU antara Ubaya dengan PT Medikaloka Hermina Tbk selaku pemilik Rumah Sakit Hermina di Ubaya.

Penandatangan ini dilakukan oleh Ketua Yayasan Ubaya Anton Prijatno didampingi oleh Sekretaris Yayasan Ubaya Yusrambono selaku perwakilan dari Ubaya dan Direktur PT Keluwih Medika Surabaya Husni dan Presdir PT Medikaloka Hermina Tbk Dr. Hasmoro selaku perwakilan dari Rumah Sakit Hermina.

Ubaya Kerjasama Dengan Rumah Sakit Hermina Bangun Rumah Sakit Pendidikan
Ubaya Kerjasama Dengan Rumah Sakit Hermina Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Ubaya melalui PT Keluwih Medika Surabaya akan mengelola Rumah Sakit Ubaya yang akan bergerak di bidang kesehatan sedangkan PT Medikaloka Hermina Tbk akan berperan sebagai pihak konsultan dalam persiapan mendirikan Rumah Sakit Ubaya.

Penandatangan ini mencakup empat perjanjian yaitu perjanjian internal, perjanjian pra-operasional, perjanjian operasional hingga amademen kesepakatan bersama.

Kepala Departemen Business Development dari PT Medikaloka Hermina Tbk, Drg. Meidy Maulia Rahmi menjelaskan bahwa pihak Rumah Sakit Hermina bersedia membantu Rumah Sakit Ubaya sebagai konsultak dan operator mulai dari tahap pra-operasional hingga Rumah Sakit Ubaya masuk kedalam tahap operasional.

“Kerjasama ini akan berjalan 10 tahun lamanya dan dapat diperpanjang nantinya. Kami akan mulai membantu dari tahap perencanaan desain bangunan, alih sistem standard yang terkait pada regulasi, rekrutmen tenaga medis dan non-medis hingga penyelenggaraan diklat. Hal ini bertujuan supaya Rumah Sakit Ubaya dapat benar-benar siap untuk beroperasi ketika diresmikan dan dibuka,” kata Drg. Meidy.

Prof. Ir. Joniarto Parung yang merupakan Komisaris PT Keluwih Medika mengungkapkan bahwa Rumah Sakit Hermina merupakan rumah sakit yang terkenal memiliki jaringan kuat untuk level nasional sehingga akan sangat memudahkan pertukaran resources antara Rumah Sakit Ubaya dengan Rumah Sakit Hermina.

Target dari Rumah Sakit Hermina selama ini adalah masyarakat kelas menengah kebawah dengan jumlah penyakit beragam sehingga dianggap sesuai dengan konsep rumah sakit pendidika. “Visi dan misi antara kedua belah pihak sejalan karena Ubaya fokus pada kualitas, sosial dan juga kemanusiaan,” ungkapnya.

Ketiga alasan tersebut yang menjadi latar belakang kerjasama antara Ubaya dengan Rumah Sakit Hermina.

Sementara itu, Direktur PT Keluwih Medika, Husni menambahkan bahwa pembangunan rumah sakit dengan 10 lantai ini akan dibangun di lahan yang dimiliki oleh Ubaya yang berada di Jalan Tenggilis Mejoyo dengan jangka waktu perencanaan sekitar satu tahun.

“Adanya kerjasama ini diharapkan akan membantuk menyediakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat serta menunjang pendidikan dalam hal memfasilitasi para mahasiswa Fakultas Kedokteran Ubaya,” ungkapnya.