PPDB SMA-SMK Gresik Akan Dibuka 11-13 Juni

Pendaftaran SMA-SMK di Gresik yang melalui jalur prestasi akan segera dibuka yaitu 11-13 Juni. Pendaftar yang melalui jalur ini haruslah merupakan murid dari SMP yang berada di zona diseluruh Kota Santri dan juga harus berdomisili di Kabupaten Gresik.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Gresik Puji Hastuti menjelaskan bahwa bahwa prestasi yang dimaksud dapat berupa prestasi akademik ataupun non-akademik. Tingkatan prestasi pun akan diukur apakah itu merupakan prestasi internasional, nasional, provinsi ataupun tingkat kabupaten.

PPDB SMA-SMK Gresik Akan Dibuka 11-13 Juni
PPDB SMA-SMK Gresik Akan Dibuka 11-13 Juni

Prestasi akademik yang dimaksud adalah prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi seperti memenangkan Olimpiade Sains, Olimpiade Literasi Siswa ataupun Olimpiade Penelitian Siswa.

Untuk prestasi non-akademin dapat berupa prestasi di bidang seni, olahraga, keagamaan dan juga pramuka.

Prestasi dibidang seni merupakan prestasi seperti menjadi juara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Di bidang olahraga adalah prestasi dalam ajang olahraga seperti Gala Siswa Indonesia, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Pekan Olahraga Provinsi, Pekan Olahraga nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Wilayah, Pekan Olahraga Pelajar Daerah, SEA Games, Asian Games ataupun Olimpiade.

Selain itu, prestasi di bidang keagamaan seperti juara lomba Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ dan penghafal Alquran atau Hafiz Quran minimal 10 juz. Terakhir unutk prestasi di Pramuka adalah pernah menjadi pemenang Jambore Nasional.

Puji menjelaskan bahwa untuk prestasi yang diperoleh beregu, jumlah yang dapat diterima oleh masing-masing satuan pendidikan tidaklah boleh lebih dari tiga. Baik itu merupakan prestasi internasional, nasional, provinsi ataupun kabupaten/kota.

Kuota jalur prestasi untuk thaun ini mencapai 5 persen dari pagu sekolah yang terdiri dari 3 persen untuk prestasi akademik/non-akademik dan 2 persen untuk prestasi yang berasal dari nilai ujian nasional di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Prestasi nilai ujian nasional didasarkan pada nilai ujian nasional secara nasional termasuk yang berada diluar zona. Pemeringkatan diambil dari nilai nasional tertinggi di daerah.