Pendaftaran Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Telah Menggunakan Sistem Online

Penerimaan Peserta Didik baru atau PPDB untuk tingkat sekolah dasar di Kabupaten Pesawaran saat ini telah mengimplementasikan sistem pendaftaran online. Hal ini diungkapkan oleh Kasi SD dan SMP Dinas Pendidikan Pembab Pesawaran, Suhairi ketika mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Fauzan Suaidi di Dinas Pendidikan Pemkab Pesawaran.

“Mulai tahun ini proses penerimaan tingkat sekolah dasar mulai menggunakan sistem online,” ungkap Suhairi.

Menurutnya ini telah sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini. “Ini telah di wajibkan oleh Permendikbud karena nantinya data siswa secara otomatis akan masuk kedalam sistem Data Pokok Pendidikan,” ujar Suhairi.

Pendaftaran Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Telah Menggunakan Sistem Online
Pendaftaran Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Telah Menggunakan Sistem Online

Dirinya menambahkan bahwa pihak Dinas Pendidikan Pemkab Pesawaran telah mempersiapkan semua hal terkait sistem online ini. “Memang jika menggunakan sistem online, semua akan membutuhkan web ataupun aplikasi yang dibutuhkan koneksi internet. Kami tentunya harus mempersiapkan hal tersebut seperti daerah kepulauan terdapat pengecualian seperti tidak adanya jaringan internet yang membuat proses tidak bisa dilakukan secara online maka diperbolehkan untuk menggunakan sistem pendaftaran manual,” kata Suhairi.

Selain itu untuk mendukung program sistem online ini, dirinya telah menyiapkan semua SDM yang mumpuni di masing-masing sekolah. “Nah untuk masyarakat yang tidak dapat menggunakan internet atau tidak memiliki akses, kita juga menyiapkan operator khusus yang akan ditugaskan di sekolah untuk mendukung sistem online ini,” tambah Suhairi.

Dirinya pun menjelaskan bahwa hal ini akan berlaku untuk semua SD di Pesawaran. “Terdapat 301 SD yang akan menggunakan sistem online ini. Kami optimis sistem ini akan membuat proses penerimaan siswa menjadi lebih transparan dan dapat diawasi oleh masyarakat,” tutupnya.