Pemkot Surabaya Resmi Buka Pendidikan Non-Formal Setara SMA

Pemkot Surabaya membentuk sebuah lembaga pendidikan non-formal yang setara dengan SMA, SMK dan MA yang bernama Sanggar Kegiatan Belajar atau SKB. Nantinya pada lulusan dari SKB ini akan memiliki ijazah asli ujian nasional pendidikan dengan tingkat kesetaraan paket C yang setara dengan SMA/SMK yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Pendidikan formal SMA dan SMK saat ini telah menjadi bagian dari kebijakan Pemprov bukan Pemkot. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan yang memperkenalkan lembaga pendidikan baru SKB yang berada dibawah Pemkot Surabaya. Salah satu keistimewaan dari lembaga ini adalah terletak pada ijazah lulusan yang setara dengan paket C selain itu juga bidang yang disediakan oleh lembaga ini lebih menyerupai pendidikan vokasi seperti tata boga, otomotif, tata busana, alat berat, seni musik hingga barista.

Pemkot Surabaya Resmi Buka Pendidikan Non-Formal Setara SMA
Pemkot Surabaya Resmi Buka Pendidikan Non-Formal Setara SMA

“Agustus akan beroperasi untuk angkatan pertama,” kata Ikhsan. Dalam selebaran yang disebar oleh SKB, disebutkan bahwa akan disediakan 5 rombongan belajar yang terdiri dari satu rombongan belajar untuk kelas setara kelas X yang terdiri dari 40 peserta, satu rombongan kelas setara kelas XI dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 orang dan tiga rombongan belajar untuk kelas setara kelas XII dengan jumlah peserta sebanyak 120 peserta.

Salah satu syarat untuk dapat mengikuti rombongan belajar ini adalah usia. Usia yang dapat diterima adalah peserta didik dengan usia 16-21 tahun yang dimana merupakan usia dimana semestinya dapat diterima di SMA, SMK dan MA. Untuk usia diatas 21 tahun akan disalurkan ke program lain yang dimiliki oleh Pemkot Surabaya seperti pelatihan yang bermuara pada pekerjaan.

Mengenai status dari lembaga ini, Ikhsan mengakui bahwa lembaga ini telah memiliki landasan hukum dengan diterbitkannya Perwali 49/2017 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar pada Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Ikhsan mengaku bahwa dirinya optimis bahwa pendirian lembaga tersebut tidak akan bertentangan dengan kewenangan yang dimiliki oleh Pemprov terkait dengan SMA dan SMK.

SKB Negeri 1 Kota Surabaya ini akan berada di bawah naungan dari PAUD, pendidikan masyarakat, kesenian dan olahraga pendidikan. “Di kota ini ada programnya pendidikan dasar SD dan SMP yang mengejar paket. Paket A, B dan C itu masih menjadi kewenangan Pemko,” ungkap Ikhsan.