Pemkot Salatiga Akan Lakukan Penggabungan 33 Sekolah Dasar

Dinas Pendidikan Kota Salatiga merencanakan untuk menggabung 33 sekolah dasar. Ini dilakukan untuk meningkatkan mutu dari sekolah untuk memenuhi standard nasional pendidikan tingkat dasar di Salatiga.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Salatiga Anindita SW mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sarana dan prasaran sesuai dengan standard nasional, penggabungan 33 sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen sekolah. Penggabungan ini akan dilakukan secara efektif.

Pemkot Salatiga Akan Lakukan Penggabungan 33 Sekolah Dasar
Pemkot Salatiga Akan Lakukan Penggabungan 33 Sekolah Dasar

“Sebanyak 33 SD akan digabungkan menjadi 15 sekolah. Penggabungan ini akan dilakukan pada pembahasan APBD-P 2019. Untuk tahun ini akan dimulai di 5 lokasi yang melibatkan 10 sekolah,” katanya.

Adapun sekolah yang akan digabung pada tahun ini adalah SDN 9 Salatiga yang akan digabung dengan SDN 2, SDN 8 dengan SDN 12, SDN Sidorejo Lor 3 dengan SDN Sidorejo Lor 7, SDN Tegalrejo 1 dengan SDN Tegalrejo 2 dan SDN Kutowinangun 7 dengan SDN Kutowinangun 10.

Instruksi penggabungan sekolah ini akan dilakukan dengan berdasarkan pada Peraturan Wali Kota Salatiga Nomor 10 Tahun 2019 mengenai Penggabungan Sekolah Dasar Negeri.

“Kami telah melakukan sosialisasi terhadap murid, guru dan orang tua murid serta menyiapkan anggaran mencapai Rp 60 juta untuk melaksanakan penggabungan tahap pertama ini,” jelasnya.