Mengenal Universitas Singapura Peringkat 1 Terbaik di Asia

Setiap tahunnya, berbagai lembaga pemeringkat pendidikan selalu merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia, termasuk salah satunya adalah QS University Rankings.
Tahun ini, lembaga yang berkantor pusat di Inggris itu menempatkan Nanyang Technological University dan National University of Singapore sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia.Sementara dalam skala global, sebagaimana dikutip dari Kabarberita, kedua perguruan tinggi yang berbasis di Singapura itu menempati posisi 11.
Adapun perguruan tinggi terbaik di dunia masih dipegang oleh Massachusetts Intitute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, selama delapan tahun berturut-turut.
Sementara pada peringkat ketiga dan keempat, ditempati oleh perguruan tinggi asal AS lainnya, Stanford University dan Harvard.Dari Indonesia, perguruan tinggi yang mendapat peringkat teratas adalah Universitas Indonesia di posisi 296, turun dari peringkat setahun sebelumnya yaitu 292.
Adapun yang mengalami peningkatan tajam di Tanah Air adalah Universitas Gadjah Mada, naik dari 391 menjadi 320 pada tahun ini.
Universitas terbaik ketiga dari Indonesia menurut QS adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di peringkat 331, juga mengalami peningkatan karena di tahun sebelumnya berada di peringkat 359.
Dalam menentukan peringkat ini, QS menggunakan beberapa kriteria seperti reputasi akademis, penelitian yang dilakukan, rasio antara staf dengan mahasiswa dan seberapa mudah lulusan mendapat pekerjaan.Salah satu faktor yang memajukan bangsa adalah pendidikan. Pendidikan jugalah yang menjadi pilar utama dalam membentuk kepribadian manusia. Pada era sekarang, di mana apa pun serba cepat, ‘menuntut’ pendidikan untuk menjadi pengontrol. Hal ini dilakukan agar manusia tidak terjebak dengan derasnya arus kemajuan zaman. Dengan demikian, suatu bangsa akan semakin terpacu meningkatkan kualitas pendidikan negaranya masing-masing.Kualitas yang bagus, pengajar kompeten, fasilitas memadai, biaya terjangkau, dan didukung lingkungan kondusif.Selain ekonomi,negara yang lambangnya Merlion ini juga maju di bidang pendidikan.Kualitas sistem pendidikannya tidak kalah dengan negara adidaya seperti Amerika Serikat lho. Buktinya, banyak warga Malaysia, India, Cina, juga Indonesia memilih Singapura sebagai tempat menimba ilmu.
Suksesnya sektor pendidikan ini tentu menolong perkembangan ekonominya. Eits, kesuksesan ini tentu melalui proses ya. Di zaman Perang Dunia II, Singapura adalah pelabuhan kapal perang Inggris. Selama perang, banyak siswa yang putus sekolah. Nah, di tahun 1947, program pendidikan sepuluh tahun dirumuskan. Antara tahun 1950 dan 1960-an, ekonomi Singapura mulai merangkak maju. Kemudian, Singapura mengadopsi sistem pendidikan yang menyediakan tenaga kerja terampil untuk program industrialisasi. Juga, bermaksud untuk menekan angka pengangguran. Di tahun 1960 juga, kebijakan bilingualisme di sekolah resmi diperkenalkan. Pendidikan untuk anak-anak dari segala suku dan latar belakang pun terbentuk.
Lalu, perekonomian pun mulai makmur di tahun 1980. Kemajuan ini membuat sistem pendidikan Singapura bergeser dari kuantitas menjadi kualitas. Kini sudah tumbuh menjadi salah satu negara ekonomi terbaik di dunia, baik pendidikan maupun pelatihan.