Kementerian Pendidikan China Mengeluarkan Peraturan Baru Untuk Mengatasi Rabun

Kementerian Pendidikan China telah mengeluarkan peringatan yang bertujuan untuk mencegah rabun jauh atau masalah jarak pandangan pada anak-anak dan orang dewasa dengan membatasi waktu penggunaan pada perangkat mobile, komputer PC dan console game.

Peringatan ini bertujuan untuk menurunkan tingkat rabun jauh pada anak-anak dan remaja lebih 5 persen pada tahun 2023. Peringatan ini akan berarti pembatasan penggunaan produk elektronik oleh anak-anak dan remaja ketika dirumah dan di sekolah. Peringatan ini akan berarti regulasi terbaru yang akan membatas waktu bermain game online bagi anak-anak dan remaja. Ini juga dapat berarti bahwa China akan membatas jumlah permainan yang akan di setujui untuk dirilis.

Kementerian Pendidikan China Mengeluarkan Peraturan Baru Untuk Mengatasi Rabun
Kementerian Pendidikan China Mengeluarkan Peraturan Baru Untuk Mengatasi Rabun

Kementerian Pendidikan juga akan mengeluarkan rekomendasi untuk Badan Administrasi Radio dan Televisi Negara atau SART sebagai regulator yang bertanggung jawab untuk memberikan persetujuan permainan digital di China. Rekomendasi tersebut meminta Badan SART tersebut terus memperkuat regulasi mengenai batas maksimal waktu seseorang dapat bermain game online. Selain itu, SART juga diminta untuk melakukan pemeriksaan terhadap implementasi dari sistem rating usia untuk game yang ada di China dan pembatasan jumlah game online baru yang disetujui untuk didistribusikan.

Point pertama dan kedua sebetulnya telah dinyatakan pada rekomenasi sebelumnya. Pihak regulasi sendiri telah melakukan penguatan mengenai pembatasan jam bermain. Sebagai tambahan dari tekanan pemerintahan yang dilakukan pada tahun lalu, Tencent pada tahun 2017 telah melakukan pembatasan bermain pada salah satu game utama mereka yaitu Honor of Kings. Pemain dibawah usia 12 tahun hanya diperbolehkan untuk bermain sebanyak 1 jam per hari sedangkan pemain dengan usia 13 hingga 17 diberikan waktu maksimal 2 jam.

Pihak regulator sendiri telah menerapkan sistem rating usia dan menggunakan pewarnaan untuk menandai sistem rating tersebut seperti hijau, merah dan lainnya. China sendiri belum memiliki ententitas yang mengatur rating ini seperti ESRB di Amerika dan PEGI di Eropa sehingga rekomendasi ini tidak memiliki paksaan. Menurut Kementerian Pendidikan, anak-anak dan remaja harus mengakses konten yang positif dan sehat selain itu juga tidak boleh menghabiskan sebagian waktunya untuk bermain game yang dapat mengarah pada ketergantungan dan juga rabun jauh.

Untuk rekomendasi terakhir merupakan rekomendasi baru dan kemungkinan akan memberikan dampak terbesar. Rekomendasi ini bermaksud untuk membatasi jumlah permainan yang dapat disetujui oleh SART di China. Detail kebijakan ini sepertinya tidak akan dirilis hingga akhir September karena SART masih dalam tahap menyelesaikan implementasi dari restrukturisasi dari organisasinya.

Kementerian Pendidikan China Mengeluarkan Peraturan Baru Untuk Mengatasi Rabun
Kementerian Pendidikan China Mengeluarkan Peraturan Baru Untuk Mengatasi Rabun

Pada tahun 2017, SART telah menyetujui 8.561 permainan yang dimana terdiri dari 8.202 permainan mobile, 162 permainan komputer PC, 135 permainan PC melalui website dan 55 permainan konsol game.

Saat ini SART menghentikan sementara pemberian izin permainan sampai restrukrisasi organisasi nya selesai.

Salah satu analis, Niko Partners menganggap bahwa pembatasan ini akan berdampak langsung untuk permainan mobile terutama permainan poker dan mah-jong. Untuk permainan PC, console dan permainan yang menjadi inti dari e-sports sepertinya tidak akan terkena dampaknya.

Selain itu, menurut Niko Partners, pihak pengembang kecil akan mendapatkan dampak terbesar terutama pengembang yang dianggap tidak memiliki potensial untuk merilis game atau permainan yang akan menjadi terkenal dibandingkan pengembang besar seperti Tencent. Perusahaan besar dengan daftar game yang berating AAA ditambah dengan sumber daya yang mencukupi untuk memenuhi proses persetujuan ini akan banyak mendapat kemudahan.

Salah satu hal posisit menurut Niko adalah dengan pembatasan izin ini tentunya para pemain akan diuntungkan karena tidak perlu bersusah payah untuk mencari permainan lagi.